Pages

  • Home
  • AboutMe
  • MyFacebook
  • MyTwitter
  • MyLinkedin

Achmad Asrori

Arek Teknik Informatika Indonesia

Apa itu Vuforia?

Vuforia adalah Augmented Reality Software Development Kit (SDK) untuk perangkat mobile yang memungkinkan pembuatan aplikasi AR. SDK Vuforia juga tersedia untuk digabungkan dengan unity yaitu bernama Vuforia AR Extension for Unity. Vuforia merupakan SDK yang disediakan oleh Qualcomm untuk membantu para developer membuat aplikasi-aplikasi Augmented Reality (AR) di mobile phones (iOS, Android). SDK Vuforia sudah sukses dipakai di beberapa aplikasi-aplikasi mobile untuk kedua platform tersebut.


AR Vuforia memberikan cara berinteraksi  yang memanfaatkan kamera mobile phones untuk digunakan sebagai perangkat masukan, sebagai mata elektronik yang mengenali penanda tertentu, sehingga di layar bisa ditampilkan perpaduan antara dunia nyata dan dunia yang digambar oleh aplikasi. Dengan kata lain, Vuforia adalah SDK untuk computer vision based AR. Jenis aplikasi AR yang lain adalah GPS-based AR.

Mengapa harus Vuforia Apps?


  1. Penuh dengan keajaiban. Karena dengan menggunakan teknologi AR, kertas bergambar yang biasa-biasa saja apabila diproyeksikan ke dalam kamera gadget yang memiliki teknologi Vuforia di dalamnya, maka layar gadget yang awalnya memiliki latar kertas kosong berubah penampakannya dengan penambahan tampilan grafis 3D yang sensasional.
  2. Bebas memilih latar game favorit. Apakah Anda adalah seseorang gamer yang gampang bosan dengan sesuatu biasa-biasa saja. Nampaknya Anda harus menambahkan list game yang harus dimainkan dengan teknologi AR ke dalam agenda permainan game favorit Anda. Karena dengan teknologi Vuforia, maka smartphone Anda akan dengan mudah memainkan game favorit dengan latar belakang permainan yang berbeda.
  3. Interaksi tanpa batas. Dengan teknologi Vuforia, maka Anda dapat berinteraksi lebih leluasa dibandingkan dengan permainan yang menggunakan teknologi 2D atau 3D, karena game dengan AR membuat Anda melupakan batas antara dunia nyata dan dunia teknologi.
  4. Fun. Tiga dasar kata FUN memiliki arti dan makna yang luas, tetapi tujuannya tetap satu yakni membahagiakan orang yang memainkannya. Vuforia merupakan teknologi yang Fun, dimana dengan ini pemain game akan mendapatkan kebahagiaan yang luas.
  5. Vallue Added. Dengan teknologi Vuforia dari Qualcomm, para developer AR dapat memaksimalkan kemampuan mereka dalam menciptakan beragam teknologi yang memiliki vallue added yang tinggi. Developer AR dapat menciptakan konten mulai dari; game, aplikasi, iklan, presentasi, dan masih banyak hal lainnya yang dapat dieksplorasi untuk menghasilkan uang.


Menurut pengamatan oleh Narenda Wicaksono selaku Developer Manager Lead Nokia, di Indonesia pasar AR masih minim sentuhan para developer padahal konsumen yang membutuhkan teknologi ini sangatlah banyak. Maka dari itu bagi Anda yang berniat untuk menjadi developer, sepertinya teknologi AR dapat menjadi sandaran yang kuat untuk sukses.

Berikut lima tips dan trik bagi pengembang untuk mengeksplorasi Vuforia Apps untuk Gaming dan Play:

  1. Download SDK Vuforia. Untuk mengunduh SDK Vuforia, Anda harus regristrasi terlebih dahulu melalui situs resmi; https://developer.qualcomm.com/, kemudian klik Regrister. Pada menu Regrister, Anda dapat memasukan semua kolom data yang wajib diisi, tetapi untuk Password, Anda harus mengisinya menggunakan karakter huruf besar-kecil, seperti Qu4LLcoMM. Setelah mengunduh SDK Vuforia, perlu diingat Anda harus memiliki Eclipse IDE atau Unity Game Engine untuk menjalankan fitur tersebut.
  2. Buatlah project baru untuk aplikasi AR. Usahakan jangan mengubah susunan dari folder yang ada pada folder Qualcomm Augmented Reality, karena ini sudah masuk dalam prefabs standar dari qcar SDK. Kemudian, klik File --> Build Settings, ganti dari PC dan Mac Standalone ke Android, kemudian switch platform. Lantas, Anda mengklik Player Setting dan atur pada bagian identification dan configuration. Setelah membuat project baru untuk aplikasi AR, silahkan untuk regrister marker kembali dengan login di https://ar.qualcomm.at/qdevnet/ dan selanjutnya klik My Trackables dan klik New Project.
  3. Tentukan konsepnya. Dalam membuat aplikasi AR, pengguna harus terlebih dahulu menentukan konsep apa yang ingin Anda buat, apakah Anda ingin membuat lokasi kondangan berbentuk AR atau hanya merubah lukisan Monalisa yang cantik hancur menjadi debu. Jika sudah mengetahui konsepnya, kemudian Anda memasukan project AR tersebut ke dalam situs AR Qualcomm dev dan buatlah "Trackable". Beri nama trackablenya, kemudia tentukan tipe dan lebarnya. Setelah diklik, kemudian upload image yang akan dijadikan marker --> tunggu hingga prosesnya selesai. Jika dalam proses ini Anda menemukan banyak bintang pada marker Anda, berarti kulitasnya semakin baik. Karena jika terdapat marker yang buruk maka device tidak akan bekerja.
  4. Atur posisi target dan AR Camera. Setelah Anda sukses membuat trackable, jangan lupa untuk melakukan unity drag dan drop prefab Image Target dan ARCamera dari Window Project ke dalam Window Scene. Jangan lupa untuk menghapus Main Camera dari Scene. Aturlah posisi image target dan AR camera agar mudah meletakan pada posisi x=0, y=0, dan z=0. Untuk AR Camera x=0, y=50, dan z=0 atau rotation x=90. Lalu, klik image target pada Window Scene atau Window Hierarchy dan tentukan marker dengan mengisi bagian image target pada Window inspector. Jika sudah dipilih, maka Anda sudah memiliki texture image yang Anda inginkan.
  5. Bersenang-senang. Setelah menyelesaikan pekerjaan di bagian ini, jangan lupa mencolokan device Android atau iOS Anda pada USB port komputer dan klik File --> Build and Run. Setelah sukses maka Anda memiliki AR image dan bersiap untuk bersenang-senang. Selamat mencoba.


Dengan teknologi Vuforia, pengembang dapat mengaplikasikan teknologi Augmented Reality (AR) yang dapat membuat Anda melihat teknologi tanpa batasan 2D atau 3D. Namun, masih jarang pengembang yang menciptakan game dengan menggunakan teknologi AR karena dapat dikatakan industri ini masih abu-abu. Padahal mengembangkan teknologi AR dengan Vuforia Apps itu sangat menyenangkan, dan memiliki potensi pasar yang baik dalam waktu ke depan.

Sumber : http://chip.co.id

0 comments:

Post a Comment