Pages

  • Home
  • AboutMe
  • MyFacebook
  • MyTwitter
  • MyLinkedin

Achmad Asrori

Arek Teknik Informatika Indonesia

DOM (Document Object Model)

Document Object Model (DOM) adalah object model standar untuk HTML dan XML yang bersifat platform independent. Sebuah web browser boleh saja tidak menggunakan DOM untuk menampilkan suatu dokumen HTML. Namun DOM adalah sebuah sarana yang diakses oleh Javascript untuk mengubah atau mengolah tampilan halaman HTML secara dinamis.

Seperti konsep cara kerja fitur-fitur JQuery plugin javascript yang memanfaatkan DOM untuk dapat memberikan efek-efek pada halaman HTML agar mempunyai tampilan yang lebih menarik saat dibuka di aplikasi web browser.

DOM menggunakan struktur data yang disebut DOM Document Tree, suatu struktur pohon di memori yang serupa dengan dokumen XML yang sedang diurai. dokumen XML memiliki tipe document dan mempunyai turunan beberapa node. Satu node untuk setiap elemen XML dengan tipenya masing-masing. dan setiap node elemen memiliki beberapa atribut.

 
 <!DOCTYPE html>
 <html>
  <head>
   <title>My title</title>
  </head>
  <body>
   <a href="">My Link</a>
   <h1>My header</h1>
  </body>
 </html>



Sebelum adanya standar DOM, masing-masing web browser memiliki DOM sendiri. Akibatnya, bila suatu website ingin ditampilkan secara cross-browser compatible atau memilik tampilan yang benar-benar sama di setiap web browser ia harus dirancang untuk setiap web browser yang akan didukung. Dengan adanya standar DOM mempermudah pengembangan dalam membuat sebuah aplikasi web.

0 comments:

Post a Comment