Pages

  • Home
  • AboutMe
  • MyFacebook
  • MyTwitter
  • MyLinkedin

Achmad Asrori

Arek Teknik Informatika Indonesia

Membangun Aplikasi Android

Mengapa harus android? Karena saat ini banyak sekali banyak sekali handphone, smartphone, dan gadget-gadget lainnya yang memakai sistem operasi android. Selain itu banyak sekali para programmer dan software house yang sudah menjual produk aplikasi mereka berupa aplikasi android. Karna itulah saya berfikir kenapa saya tidak mencoba untuk mebuat salah satu aplikasi android dan mencoba untuk sharing dengan kalian melalui artikel ini.


Pada langkah awal untuk mebuat sebuah aplikasi android kita harus memiliki salah satu software editor tempat dimana kita harus menuliskan sourcecode kita dan compiler yang akan menjalakan sourcecode buatan kita menjadi sebuah program aplikasi android. 

Google menyarankan kita untuk memakai fasilitas yang mereka sediakan secara open source untuk membuat sebuah program android, yaitu ADT-Bundle (Android Developer Tools) yang dapat kita download dihalaman website mereka di sini.

Didalam software tersebut sudah terdapat editor EclipseADT plugin, serta Android SDK Tools terbaru jadi kita tidak perlu lagi menginstalnya lagi. Namun karena pemrograman android dibangun diatas bahasa pemrograman Java maka kita masih perlu menginstal software JDK dan JRE untuk bisa menjalakannya. Karena software tersebut juga bersifat open sorce kalian bisa mendownloadnya langsung di sini.

Setelah semuanya sudah siap yang kita lakukan adalah menyeting PATH Variable Sistem Operasi kita. Kebetulan Saya memakai Sistem Operasi Windows 7 dalam simulasi kali ini.

Buka Properties Computer kalian seperti gambar dibawah ini dengan cara Klik Kanan atau bisa lewat shortcut keyboard Windows + Pause Break. 

Kemudian Klik Change Settings pada popup Properties Computer kalian.


Lanjut ke tombol Tab Advance pada popup kedua dan pilih Environment Variables.


Maka akan muncul lagi popup dan carilah PATH Variable dikotak kolom dibagian bawah kemudian pilih Edit.


Munculah popup keempat dan tambahkan beberapa path ke dalam Variable Value dengan cara tidak menghapus path asli melainkan memberi tanda semicolon ( ; ) di belakang Path asli dan path2 yang ditambahkan selanjutkan

Contoh Path asli dikomputer saya adalah.
      C:\Program Files (x86)\Microsoft SQL Server\90\Tools\binn\ 
saya tambahkan dua path lagi menjadi .
      C:\Program Files (x86)\Microsoft SQL Server\90\Tools\binn\;C:\Program Files\Java\jdk1.7.0\bin\;C:\Program Files\Java\jre7\bin\


Path yang ditambahkan adalah :
  1. Path menuju folder bin/ JDK kalian. Contoh : C:\Program Files\Java\jdk1.7.0\bin\
  2. Path menuju folder bin/ JRE kalian. Contoh : C:\Program Files\Java\jre7\bin\
  3. Path menuju folder tools/ SDK Android dari ADT yang kalian download. Contoh : E:\01-Software\Developer Android\adt-bundle-windows\sdk\tools\
  4. Path menuju folder platform-tools/ SDK Android dari ADT yang kalian download. Contoh : E:\01-Software\Developer Android\adt-bundle-windows\sdk\platform-tools
Jika sudah maka klik OK untuk menyimpan settingan kalian tadi. Untuk mengetes apakah Path kalian tadi sudah jalan atau tidak dengan cara mebuka Command Prompt windows kalian dan ketikan command "android" lalu Enter.


Jika belum muncul popup Android SDK Manager seperti gambar diatas coba kalian restart dahulu komputer kalian kemudian mencoba kembali dibagian Command Prompt dan mengetik lagi "android". Jika sudah muncul popup Android SDK Manager maka kalian sudah berhasil dan siap untuk membangun sebuah aplikasi android.

0 comments:

Post a Comment