Pages

  • Home
  • AboutMe
  • MyFacebook
  • MyTwitter
  • MyLinkedin

Achmad Asrori

Arek Teknik Informatika Indonesia

AVD - Android Virtual Device

Android Virtual Device (AVD) adalah konfigurasi perangkat yang dijalankan dengan emulator Android. Emulator menyediakan perangkat khusus secara virtual dan digunakan untuk menginstal dan menjalankan aplikasi Android anda lewat sebuah editor. Disini anda akan belajar bagaimana meng-create sebuah AVD dengan menggunakan tools AVD Manager yang sudah tersedia dalam Android SDK.



Android SDK menyediakan sebuah tools AVD Manager untuk membuat dan mengelola beberapa AVD. Anda dapat menjalankan tools tersebut secara langsung atau lewat jendela SDK Manager > pilih Manage AVDs dari menu Tools.


Dalam kedua kasus, Anda akan disambut dengan jendela Android Virtual Device Manager.

 
Dalam jendela Android Virtual Device Manager memungkinkan Anda membuat, memperbarui, menghapus, perbaikan, dan menjalankan sebuah AVD. Klik tombol New untuk membuat AVD baru. Kemudian akan muncul jendela baru Android Virtual Device (AVD).


Gambar di atas menunjukkan bahwa AVD memiliki nama, target platform Android tertentu, dan memiliki fitur-fitur lainnya. Ketikkan MyAVD sebagai nama, pilih Android 2.3.3 - API Level 10 sebagai platform target, dan isi ukuran 100mb (megabyte) untuk SD Card. Aplikasi menyimpan data mereka dalam struktur hirarkis pada SD Card virtual ini. Dan saya memilih 5.1" WVGA (480 x 800: mdpi) sebagai isi dari Device dan mengisi RAM sebesar 256.

Setelah mensetting dengan sedemikan rupa klik tombol Create AVD. Anda akan melihat kotak dialog konfirmasi yang muncul.


Klik OK dan selamat anda telah berhasil membuat sebuah AVD. Jika anda ingin mengubah setting-an AVD, cukup pilih AVD yang akan dirubah sorot entri dalam daftar dan klik tombol Edit atau jika anda ingin hanya melihat rincian detail setting-an AVD, Klik tombol Details. Kemudian anda juga bisa menghapus AVD dengan cara klik tombol Delete.

0 comments:

Post a Comment