Pages

  • Home
  • AboutMe
  • MyFacebook
  • MyTwitter
  • MyLinkedin

Achmad Asrori

Arek Teknik Informatika Indonesia

Pemrograman Model MVC

Pemrograman MVC saat ini banyak sekali dan sangat trend digunakan dalam untuk membangun sebuah aplikasi desktop maupun website. Konsep pemrograman ini menggunakan struktur MVC yaitu Model View Controller.


Model merupakan inti aplikasi. Bagian dari aplikasi yang menangani logika untuk data aplikasi. Seringkali objek model mengambil dan menyimpan data dari database.

View menampilkan data atau bisa disebut juga source code interface aplikasi. Paling sering dilihat diciptakan dari model data.

Controller menangani input dan memanipulasi data dari database yang akan dipresentasikan. Biasanya controller membaca data dari pandangan, mengontrol input pengguna, dan mengirim data masukan untuk model.




MVC membantu Anda mengelola aplikasi yang kompleks, karena Anda dapat fokus pada satu aspek waktu dan juga memudahkan anda untuk menguji aplikasi.

MVC juga dapat memudahkan pekerjaan para developer. Developer yang berbeda dapat bekerja pada tampilan, logika controller, dan logika model secara paralel dan terstruktur.

Beberapa contoh Framework MVC dalam pemrograman PHP adalah CodeIgniter, CakePHP, Yii, dsb.

0 comments:

Post a Comment